sss

Rahasia Membuat Kolak yang Enak, Gurih dan Wangi

DapurOnlineku - Sebentar lagi kita masuk bulan ramadhan nih. Kira-kira bekal apa yang sudah Anda siapkan untuk menyambut bulan penuh rahmat ini? Salah satu kudapan yang cukup populer dan wajib dinikmati saat berbuka adalah kolak. Kolak merupakan minuman berkuah santan yang isinya beragam bahan pilihan sesuai selera, dari mulai : pisang, kacang hijau, singkong, ubi, labu kuning dan lainnya. Rasa yang manis dan gurih dari kolak membuat kudapan yang satu ini disukai oleh hampir semua kalangan.

Kolak yang Enak, Gurih dan Wangi
Membuat kolak bisa dibilang sangat mudah, praktis dan cepat. Meski begitu, untuk mendapatkan  citarasa yang pas, Anda harus memperhatikan beberapa tips dan trik khusus. Apakah itu? Agar tidak salah, sebaiknya simak Rahasia Membuat Kolak yang Enak , Gurih dan Wangi, berikut ini :

Pilih bahan kolak yang tepat

Untuk membuat kolak yang nikmat, pastikan pilih bahan yang tepat. Tepat disini bukan sekedar sesuai selera, tapi harus yang pas untuk dijadikan kolak yang nikmat, misalnya : ubi, nangka, pisang kacang hijau, labu kuning dan lainnya. Pisang yang tidak bisa sembarangan, tapi harus yang enak untuk kolak, misalnya : pisang kepok, tanduk, dan lainnya.

Pilih bahan yang fresh

Agar kolak buatan Anda lebih nikmat, pastikan gunakan bahan-bahan yang fresh yaa. Hindari menggunakan santan instan, karena dapat mempengaruhi rasa.

Teknik merebus yang tepat

Agar tekstur isi kolak buatan Anda bisa pas, pastikan perhatikan tehnik merebus bahan yang tepat. Tidak semua bahan bsia direbus secara bersamaan, tapi harus bertahap, misalnya : jika menggunakan singkong, maka Anda bisa merebusnya lebih dulu. Untuk pisang, nangka, dan labu kuning, Anda bisa memasukkan pada akhir, karena sangat mudah empuk. 

Kukus Bahan yang mudah empuk

Jika ingin hasilnya bagus, Anda bisa mengukus bahan-bahan yang mudah empuk sendiri dalam panci pengukus, kemudian memasukkan pada kuah santan pada tahap akhir.

Tambahkan pandan atau vanili agar kolak wangi

Agar aroma kolak buatan Anda harum dan menggoda, Anda bisa menambahkan daun pandan atau vanili pada kuah.

Masukkan santan pada tahap akhir

Agar santan tidak pecah dan berminyak, pastikan Anda tuang santan pada tahap akhir, yakni setelah semua bahan empuk. Masak santan dalam api kecil hingga mendidih dan matang. Jangan lupa aduk-aduk santan agar tidak pecah.

Hem, ternyata mudah sekali bukan? Semoga informasi yang berjudul Rahasia Membuat Kolak yang Enak, Gurih dan Wangi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »