sss

Tips Agar Cokelat Cair tidak Cepat Menggumpal

Dapur Onlineku - Pernah menjadikan cokelat cair sebagai toping kue kering atau basah?  Jika ya, pastinya Anda sudah tahu jika membuat cokelat cair tidaklah mudah. Masak cokelat cair hampir sama dengan masak santan, karena tidak bisa ditinggal dan harus diaduk-aduk agar cokelat tetap kental namun tidak menggumpal. Nah, disini kita akan membagikan trik bagaimana masak cokelat cair yang baik dan benar agar hasilnya bisa sempurna.
Bagi orang yang sudha terbiasa masak cokelat cair, mungkin tidak ada masalah yang perlu dikhawatirkan. Sebaliknya bagi pemula, mereka pasti masih bingung ketika praktek langsung di dapur. Agar tidak bingung, sebaiknya simak tips dan trik masak cokelat cair agar kental dan tidak menggumpal, berikut ini :


Cokelat Cair

Pilih cokelat yang berkualitas

Agar hasilnya istimewa, Anda tentu harus memilih bahan-bahan yang istimewa pula. Pilihlah cokelat yang berkualitas agar menghasilkan citarasa yang istimewa.

Potong cokelat hingga kecil

Memotong cokelat kecil-kecil akan membuat cokelat lebih cepat meleleh. Sebaliknya, potongan besar akan membuat cokelat lebih lama meleleh.

Hindari melelehkan cokelat diatas panci

Melelehkan cokelat secara langsung di panci hanya akan membuat cokelat gosong dna tidak bisa melelh sempurna

Lelehkan cokelat dnegan cara ditim

Bagaimana cara melelehkan cokelat yang baik? Lelehkan dengan cara ditim, karena panas kompor tidak langsung mengenai cokelat sehingga hasilnya akan lebih sempurna dan tidak gosong.

Hindari menggunakan api besar saat mengetim cokelat

Saat mengetim, pastikan gunakan api kecil. Penggunaan api besar akan membuat air mendidih dan uap air naik ke atas yang membuat cokelat mudah menggumpal. Jadi, ketika air mendidih, Anda bisa matikan apinya dan aduk-aduk cokelat hingga mencair. Jika masih belum mencair, Anda bsia menyalakan apinya kembali.

Tambahkan mentega/butter atau minyak sayur

Jika cokelat yang Anda tim belum meleleh juga, Anda bisa menambahkan sedikit mentege/butter atau minyak sayur. Tapi cara ini membuat cokelat susah membeku dalam suhu ruang, karena itu Anda bisa memasukkan kue kedalam kulkas agar cokelatnya membeku.

Rendam cokelat dalam air panas

Jika Anda membutuhkan cokelat cair dalam jumlah kecil, Anda bisa memasukkan potongan cokelat ke dalam plastik, kemudian masukkan kedalam air panas ke dalam mangkuk. tunggu hingga cokelat mencair dan Anda bisa menggunakannya untuk toping kue.

Gimana sobat? Mudah banget khan cara membuat cokelat cair. Jika demikian, Anda tidak perlu takut lagi membuat aneka kue dnegan toping cokelat. Silahkan berkreasi!
Loading...
loading...
Previous
Next Post »