sss

Cara Memilih Nangka Muda untuk Sayur Lodeh

Suka menikmati lodeh nangka muda? Lodeh nangka muda termasuk sayur yang banyak difavoritkan, karena rasanya yang lezat dan nikmat disajikan bersama aneka lauk pilihan. Perpaduan lodeh nangka muda yang lebih lezat bisa kita nikmati di rumah makan Padang, dimana ia disajikan bersama daun singkong dan aneka lauk favorit, dari mulai cumi, ayam, daging kikil, telur dadar, rempeyek, dan lainnya. Pokoknya lodeh nangka muda selalu menggoda dech.

Untuk membuat lodeh nangka muda yang enak, kita tidak hanya tahu apa saja kombinasi bumbu dan cara memasaknya karena kita juga wajib tahu bagaimana cara memilih nangka muda yang pas untuk sayur lodeh. Salah memilih nangka muda akan mempengaruhi citarasa dan juga teksturnya. Nah, agar tidak salah memilih nangka muda, baiknya simak caranya berikut ini :

 Pilih nangka sesuai jenis masakannya

Nangka muda dibedakan menajdi 2 jenis, yakni yang berwarna putih dan merah. Kedunya sama-sama memiliki rasa yang lezat, namun umumnya nangka merah lebih banyak dimasak untuk gudeg. Sementara yang pas dioleh menjadi sayur lodeh adalah nangka putih.

Pilih nangka yang benar-benar muda

Salah memilih nangka yang agak tua akan membuat teksturnya lebih keras. Karena itu pastikan pilih nangka yang benar-benar masih muda, yakni terlihat dari bijinya yang masih kecil/tidak keras.

Pilih nangka yang teksturnya lembut

Nangka muda memiliki tekstur yang gurih alami dan lembut, karenanya jangan salah pilih nangka yang keras/kaku.

Pilih warna nangka yang masih cerah

Nangka yang berwarna kusam atau kecoklatan menandakan nangka sisa kemarin, sehingga dapat mempengaruhi rasanya. Pilih nangka yang berwarna bersih dan masih ada getahnya karena menunjukkan baru dikupas.

Langkah sebelum memasak

Setelah nangka dikupas dan dipotong, pastikan Anda merebusnya terlebih dulu hingga mendidih. Lalu buang airnya untuk menghindari rasa sepat akibat getah nangka. Setelah ditiriskan, Anda bisa memasak nangka muda sesuai selera.

Nangka Enaknya dimasak apa ya?

Nangka muda bisa diolah menjadi aneka hidangan yang lezat dan menggugah selera, dari mulai : lodeh, gulai, tumis, kare, abon, hingga sayur asem. Jadi, masihkah Anda bingung untuk memasak nangka muda?

Loading...
loading...
Previous
Next Post »