sss

Cara Memasak Tempe Penyet Enak dan Menggugah selera

Tempe penyet termasuk menu masakan yang paling mudah ditemukan di beberapa rumah makan, baik kaki lima maupun restoran. Dinamakan tempe penyet, karena disajikan dengan cara dimemarkan atau dipenyet bersama sambal yang nikmat. Proses tersebut membuat bumbu lebih meresap kuat pada tempe sehingga tak heran jika menu sederhana ini banyak digandrungi. Tampilan tempe penyet akan semakin menggugah selera karena biasanya disajikan dengan sambal yang memikat beserta lalapan. Meski terlihat sederhana, namun membuat tempe penyet yang enak tidaklah mudah. Dibutuhkan keahlian khusus dalam meramu bumbu, memproses hingga menggoreng tempe yang tepat sehingga menghasilkan citarasa yang memukau.

Jika Anda ingin membuat tempe penyet ala restoran yang lezatnya gak nahan, sebaiknya simak caranya berikut ini :

Pilih tempe yang berkualitas

 Pilih tempe kedelai yang masih baru dan segar (tidak busuk atau terllau matang), jadi ketika di goreng dan dipenyet tidak mudah hancur.

 Bumbu rendaman tempe

Agar aroma dan rasa tempe goreng makin menggoda, pastikan rendam kedalam bumbu rempah sebelum digoreng. Rendam selama 10 menit pada campuran bumbu, yang diantaranya : bawang putih, ketumbar, kunyit, dan garam.

Tentukan sambal sesuai selera

Untuk sambalnya, Anda bebas memilih aneka jenis sambal sesuai selera, misalnya : sambal bajak, sambal terasi, sambal tomat, sambal kecap, atau jenis sambal lainnya. Buatlah sambal seenak mungkin menggunakan kombinasi bumbu yang berkualitas.

Goreng hingga kering dan matang

Panaskan minyak goreng dan masukkan tempe yang sudah direndam dalam bumbu. Goreng hingga matang dan kering kecokelatan. Setelah itu tiriskan dan masukkan dalam cobek yang sudah terisi sambal, penyet perlahan agar bumbu meresap kuat ke dalam tempe.

Tambahkan lalapan

Untuk menambah citarasa tempe penyet, Anda bsia menambahkan lalapan yang super lengkap, dari mulai mentimun, kemangi, kacang panjang atau selada.
Hem.. mudah dan praktis bukan? Tempe penyet akan lebih menggugah selera ketika dinikmati saat cuaca dingin. Oiya, selain tempe, Anda juga bisa menambahkan lauk sesuai favorit loh, misalnya : telur ceplok, tahu, udang dan lainnya. Selamat mencobaa!


Loading...
loading...
Previous
Next Post »