sss

Tak Punya Kulkas? Ini Tips Menyimpan Buah dan Sayuran Agar Tetap Segar

Pengen nyetock buah dan sayuran, tapi tidak memiliki kulkas. Apa mungkin buah dan sayuran bisa tetap segar jika tidak disimpan dalam kulkas? Tidak perlu cemas, karena dengan trik tertentu, kita bisa menjaga kesegaran buah dan sayuran meski tanpa kulkas. Ingin tahu bagaimana caranya, simak langsung tips dan triknya berikut ini :
sumber gambar : dsign.pw

1.    Hindari mencuci buah dan sayuran yang akan disimpan

Mencuci buah/sayur saat hendak dikonsumsi sangat diharuskan, tapi jika Anda ingin menyimpan buah dan sayur, sebaiknya hindari untuk mencucinya. Apabila buah dan sayuean dalam kondisi kotor, Anda bisa melapnya dengan kain/tisu. Mencuci membuat lapisan perlindungan dalam buah dan sayur hilang sehingga mudah busuk dan berjamur.

2.    Simpan buah dan sayur di tempat kering dan sajuk

Menyimpan buah di tempat kering dan sejuk akan membantu menjaga kesegarannya. Sementara itu, kelembapan dapat sebabkan jamur menyebar lebih cepat, karena itu Anda bsia menambahkan kain/tissue dalam box atau kotak penyimpanan buah dan sayur.

3.    Simpan dalam suhu ruangan

Ada beberapa jenis sayuran yang tidak bisa disimpan kedalam kulkas, karena dapat mempercepat pembusukan atau perubahan pada tekstur dan warnanya. Diantara sayur dan buah yang harus disimpan di suhu kamar, yakni : tomat, mentimun, paprika, kentang, pisang, dan lainnya. Untuk pisang, Anda bisa menutupkan plastic pada bonggolnya agar tetap segar.

4.    Simpan sayuran hijau di tempat yang sejuk

Menyimpan sayuran hijau agar tetap segar adalah di tempat sejuk, misalnya : sumur, di dekat tempat mencuci alat dapur. Percikan air yang mengenai sayuran akan menjaganya tetap segar. Selain itu, bisa juga Anda menyimpannya dalam kantung kresek yang ditutup rapat dan diberikan ventilasi untuk mencegah pembusukan.

5.    Simpan bawang-bawangan dalam kantung

Untuk menyimpan bawang-bawangan, sebaiknya tidak di kulkas karena kelembapan membuatnya cepat busuk atau tumbuh. Sebaiknya simpan ke dalam kantung kertas tertutup yang kering dan berikan ventilasi.
Mudha dan praktis sekali bukan? Semoga informasi tentang cara menyimpan buah dan sayuran agar tetap segar meski tanpa kulkas diatas dapat menginspirasi kita semua.

Loading...
loading...
Previous
Next Post »