sss

Tips Membuat Sambal Matah Enak dan Tidak Bau Menyengat

Dapuronlineku - Makan terasa tidak lengkap jika tanpa ditemani sambal. Ada banyak jenis sambal yang bisa Anda pilih, dari mulai sambal matang hingga sambal mentah. Sebagaimana lezatnya sambal matangan, ternyata sambal mentah juga memiliki keistimewaan sehingga banyak juga yang menyukainya. Salah satu jenis sambal mentah yang banyak difavoritkan oleh semua kalangan adalah sambal matah. Sambal khas Bali ini memiliki rasa yang sangat istimewa sehingga cocok banget disandingkan dengan aneka hidangan, dari mulai ayam goreng/panggang/bakar, tempe, mie instan bahkan tempe dan telur. Cara membuat sambal matah terbilang sangat mudah dan praktis, karena dibuat dari bahan-bahan yang masih segar dan tidak perlu dimasak lagi (misalnya : direbus, kukus atau digoreng). Karena dibuat dari bahan-bahan mentah, pastinya kita harus memahami bagaimana triknya agar sambal tidak bau menyengat (langu) dan rasanya bisa enak.  Bumbu Dapur Gampang Busuk dan Berjamur? Ini Cara Benar Menyimpan Bumbu Dapur
sambal matah enak/warungbulusi.blogspot.co.id
Bisa dibayangkan, betapa tidak nikmatnya ketika sambal yang ada didepan kita memiliki bau pedas yang menyengat, bukan? Nah, untuk mengatasinya, simak Tips Membuat Sambal Matah Enak dan Tidak Bau Menyengat, berikut ini : Resep Cara Membuat Tumis Telur Ceplok Pedas Manis yang Cocok Untuk Sarapan

Pengolahan bawang merah yang tepat

Diantara bahan-bahan yang digunakan dalam sambal batah, hanya bawang merah saja yang memiliki aroma pedas menyengat, karena didalamnya terkandung zat belerang. Maka itu, dibutuhkan trik khusus agar bau menyengat itu hilang, caranya : iris bawang merah, kemudian cuci dengan air es. Bau belerang akan hilang oleh air es dan tekstur bawang merah akan lebih renyah.

Siram minyak panas

Setelah bawang dicuci dengan air es, Anda bisa mencampurkan bahan lainnya, seperti cabai rawit, serai dan terasi. Baru kemudian siram dengan minyak panas, lalu aduk-aduk hingga merata. Dijamin bau sambal matah buatan Anda akan lebih harum dan segar menggoda.
Setelah mengetahui tips dan trik membuat sambal matah enak diatas, tentunya Anda tidak akan ragu lagi ketika ingin mempraktekkannya langsung di rumah? Semoga informasi yang berjudul Tips Membuat Sambal Matah Enak dan Tidak Bau Menyengat diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.


Loading...
loading...
Previous
Next Post »