sss

Tips Memilih, Menyimpan, dan Mengolah Udang yang Benar

Bagi penggemar seafood, udang termasuk salah satu bahan makanan yang tidak boleh dilewatkan.  Udang memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan juga protein. Meski demikian, bagi yang memiliki masalah dengan kolesterol, jangan coba mengonsumsinya secara berlebihan ya, karena udang merupakan sumber kolesterol. (alasan suami wajib menyayangi istrinya)
Untuk mendapatkan hasil olahan udang yang enak dan sempurna, Anda harus bisa memperhatikan bagaimana cara memilih, menyimpan dan mengolah udang. Kesalahan dalam memilih, menyimpan, dan mengolah udang akan membuat rasa masakan tidak sesuai harapan. Untuk itu, simak tips yang akan disajikan oleh Dapuronlineku dalam artikel ini.(Suami membantu pekerjaan istri, kenapa enggak?)

Tips Memilih Udang yang segar

  • Pilih udang yang cangkang/kulitnya masih utuh
  • Pilih udang yang warnanya masih bening berseri dan tidak ada cairan. Hindari membeli udang yang bagian kepalanya sudah berubah warna
  •  Jangan beli udang yang baunya menyengat dan berwarna keruh kusa
  • Pilihlah udang yang truktur tubuhnya masih utuh, misalnya kepala masih melekat kuat di badan dan tidak lembek (Sikap terbaik suami untuk istrinya)

Tips menyimpan udang yang benar agar awet

Setelah memilih udang segar, Anda harus mengolahnya segera dalam waktu kurang dari 24 jam. Namun jika Anda belum ingin menggunakannya, maka segera cuci udang hingga bersih, tiriskan, lalu masukkan kedalam kantong plastik atau tempat lainnya dan simpan dalam freezer. Anda bisa menyimpan udang utuh atau dikuliti terlebih dahulu. (Jurus ampuh menaklukkan hati dan dompet suami)

Tips memasak udang

Selain rasanya yang enak, udang memiliki penampilan yang menarik. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana mengolah udang yang benar sehingga terlihat kurang menarik. Agar olahan udang terlihat fresh dan lezat, simak tips memasak udang berikut ini : (Agar suami tidak terjebak pada perselingkuhan)
•    Merebus
Panaskan air hingga mendidih, lalu masukkan udang. Jangan merebus udang terlalu lama, cukup masak selama 3-5 menit saja. Jangan menunggu air sampai mendidih lagi, hal itu agar kulit udang tidak menempel pada daging sehingga lebih mudah untuk mengupas kulitnya.
•    Menumis
Sebelum menumis udang, pastikan  suhu udang tidak dalam kondisi dingin/beku. Diamkan dalam suhu ruang dan tiriskan airnya. Lalu tumis udang dnegan minyak zaitun selama 3 hinga 5 menit saja. Hindari memasak udang terlalu lama agar warnanya tetap teerlihat fresh. (Tips ampuh mengusir serangga dengan bahan alami)
•    Menggoreng dengan banyak minyak (deep frying)
Untuk menjaga cita rasa dan penampilan udang, Anda bisa celupkan udang kedalam campuran tepung  dan susu. Goreng hingga berwarna kuning keemasan.
•    Memanggang
Memanggang udang dengan penampilan dan cita rasa yang nikmat sangat mudah. Caranya, gunakan pemanggang dengan panas yang maksimal agar udang cepat matang. Ketika memanggang, pastikan posisi udang jauh dari api langsung agar tidak cepat gosong/warnanya tidak menarik.
Semoga tips diatas dapat memudahkan Anda dalam menciptakan olahan berbahan dasar udang. Selamat  memasak!
Loading...
loading...
Previous
Next Post »