sss

Menghilangkan Bau Pesing Pada Ikan Pari/Pe

Ikan Pari atau ikan Pe sangat populer di kalangan pecinta ikan, karena rasanya yang mantap. Ikan yang bertulang muda ini bisa diolah menjadi aneka hidangan lezat, dari mulai di goreng biasa atau dibumbu santan. Biasanya ikan Pe dijual dalam kondisi sudah diasap, jadi aroma bakar mampu meminimalisir bau khas ikan pe. Meski demikian, kadang masih  ada ikan Pe yang berbau menyengat sehingga membuat kita enggan atau malas memasak, apalagi menikmatinya. (Baca juga : Resep Ikan Pe Goreng enak)
Memasak ikan Pe memanglah tidaklah mudah, dibutuhkan perlakuan khusus agar mendapatkan hasil olahan yang maksimal. Namun begitu, para pecinta ikan pari akan rela melakukan berbagai cara agar hasil olahannya bisa sempurna. Dan benar saja, hanya dengan memahami beberapa tips dan trik tertentu, olahan ikan pe yang lezat dapat membuat nafsu makan Anda meningkat. Jadi, Anda bisa menikmati rasa ikan Pe yang nikmat tanpa harus mengernyitkan dahi karena aromanya yang hampir mirip amoniak.(Baca tips memasak lainnya disini)
Okey dech, kali ini Dapur Onlineku akan membagi tips menghilangkan bau pesing/amoniak pada ikan Pe, yang diantaranya : (Baca juga Resep Mangut Ikan Pe)

•    Dikukus

Salah satu cara untuk menghilangkan bau pesing ikan Pe adalah dnegan mengukusnya pada dandang selama 10-15 menit. Setelah itu, Anda bisa langsung mengolahnya menjadi aneka hidangan lezat. (Baca juga : Bisnis yang menguntungkan bagi ibu rumah tangga)

•    Lumuri dengan jeruk nipis

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menetralisir bau pesing pada ikan pari adalah dengan melumuri ikan pari menggunakan air perasan jeruk nipis.

•    Rendam dengan bumbu

Cara ini bisa dilakukan jika Anda ingin menggoreng ikan pari. Adapun bumbu celupan yang bisa digunakan adalah : bawang merah, ketumbar, kunyit, jahe, dan daun jeruk yang dihaluskan dan ditambahkan air secukupnya untuk merendam. (Baca juga : Makanan-makanan sehat untuk jantung sehat)

•    Di Steam di Panci Presto

Cara lain yang bisa dilkaukan untuk menghilangkan aroma pesing pada ikan pe adalah dengan memasukkan ikan Pe ke dalam wadah, lalu di steam ke dalam panci presto selama 5 menit dari bunyi yang muncul.

•    Masak dengan bumbu rempah yang banyak

Untuk menyempurnakan hasil olahan ikan pe, maka penggunaan bumbu rempah yang lengkap sangat direkomendasikan, misalnya kunyit, jahe, daun salam, daun jeruk, sereh, ketumbar, dan lain sebagainya. Jadi, mau digoreng atau disantan, pastikan bumbui dahulu ikan pe agar olahan menjadi lebih sempurna.
Sangat mudah bukan? Jadi, tidak ada lagi alasan yang membuat Anda harus menghindari nikmatnya olahan ikan pe. Semoga artikel tentang tips menghilangkan bau pesing pada ikan pari diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Loading...
loading...
Previous
Next Post »