sss

Trik Memasak Cumi Agar Empuk dan Tidak Alot

DapurOnlineku -Cumi-cumi termasuk salah satu  seafood atau makanan laut yang cukup populer karena rasanya yang nikmat dan khas. Memasak cumi-cumi kelihatannya sangat mudah, namun kalau tidak tahu triknya, cumi-cumi akan alot, tidak bisa digigit, dan kehilangan kelezatannya.
Bagaimana caranya agar cumi-cumi yang dimasak bisa empuk dan nikmat? Simak trik memasak cumi agar empuk dan tidak alot berikut ini : 

•    Perhatikan waktunya

Sebenarnya, kunci sukses memasak cumi cumi empuk dan tidak alot adalah waktu memasak. Cumi harus dimasak dalam waktu singkat atau lama, karena kandungan protein dalam cumi cumi akan berubah menjadi padat ketika dimasak lebih dari 3 menit. Lalu bagaimana jika terlanjur memasaknya lebih dari 3 menit? Jangan khawatir, karena jika terlanjur, Anda bisa melanjutkan proses memasak hingga lebih dari 20-30 menit hingga cumi menjadi empuk kembali. 

•    Masukkan kedalam air dingin setelah matang direbus

Agar keempukan cumi cumi terjaga, setelah cumi  direbus sebentar, segera masukkan dalam air dingin agar proses memasak berhenti. 

•    Pisahkan cumi dengan bahan lainnya

Jika Anda hendak memasak cumi-cumi bersama bahan lainnya. Ada baiknya merebusnya terlebih dahulu dalam waktu singkat, kemudian masukkan cumi pada sesi terakhir setelah masakan lainnya matang. 

•    Rendam dengan baking soda sebelum di masak

Ingin hasil cumi goreng Anda empuk dan nikmat? Sebelum digoreng, Anda bisa merendam cumi dengan satu sendok baking soda selama satu jam atau maksimal semalaman. Jangan lupa memasukkan rendaman cumi kedalam kulkas agar tidak bau amis. Setelah itu, cuci cumi dalam air mengalir dan tiriskan hingga kering. Selanjutnya, terserah Anda jika ingin membaluri dengan tepung bumbu atau kocokan telur sebelum digoreng.  

•     Rendam cumi kedalam susu segar

Merendam cumi kedalam susu segar akan membuat cumi yang goreng menjadi lebih lembut dan empuk. Tapi ingat, susu yang  digunakan bukan susu bubuk atau susu kental manis yaa, karena takutnya justru merusak tekstur dan rasa daging cumi. Susu yang digunakan adalah  susu segar cair. Rendam daging cumi, baik utuh atau sudah dipotong ke dalam susu selama 1-2 jam lamanya. Untuk hasil lebih maksimal, Anda bisa merendamnya seharian. Jangan lupa tutup dengan dengan plastic yang kedap udara  agar tidak tercemar bakteri. Anda juga bisa meletakkan rendaman cumi kedalam kulkas. 
Loading...
loading...
Previous
Next Post »