sss

Cara Mudah Membuat dan Menyimpan Bubuk Cabai Agar Awet dan Tidak Rusak

Gambar Credit
Masakan pedas termasuk makanan yang paling banyak penggemarnya. Lihatlah, betapa banyak orang yang merasa ada yang kurang ketika menikmati makanan tanpa sambal. Hal itu membuktikan jika cabai termasuk bumbu terpenting yang harus ada dalam setiap masakan. Besarnya kebutuhan akan cabai, seringkali membuat harga cabe tiba-tiba meroket. Sebagai penggemar makanan pedas, kenaikan harga cabe tentu membuat kepala pusing bukan? (CAra membersihkan Ikan dengan mudah dan cepat)
Ternyata masalah tersebut bisa diatas dengan mudah loh, salah satunya dengan membuat bubuk cabai sendiri pada saat harga cabai murah/stabil. Sebenarnya kita bisa mendapatkan bubuk cabai dengan mudah, karena memang sudah banyak produsen yang memproduksi dan menjualnya di pasaran. Namun membuat bubuk cabai sendiri tentu jauh lebih menguntungkan, selain lebih hemat juga lebih bersih dan higienis. (Aneka Resep Masakan)

Cara membuat Bumbu Cabai Sendiri di Rumah

Membuat bubuk cabai sendiri tidak hanya memudahkan proses memasak, tapi juga membuat Anda tidak perlu pusing memikirkan harga cabe yang tiba-tiba meroket, karena toh sudah banyak stok bubuk cabai bukan? Nah, berikut ini Dapuronlineku akan menyajikan cara mudah membuat bubuk cabai sendiri, yakni :
•    Siapkan cabai merah besar yang berkualitas, kemudian cuci hingga bersih 
•    Belah dan buang isinya agar bubuk cabai tidak pahit dan warnanya lebih menarik
•    Potong cabai menjadi dua bagian, lali ratakan dalam loyang
•    Panggang cabai dengan suhu 150 derajat celcius selama ± 5 menit
•    Sangrai jinten hingga harum, lalu campurkan bersama cabai kering. Perbandingan jumlah jinten dan cabe 1:10
•    Setelah keduanya dingin, Anda bisa menghaluskan dengan blender
•    Bubuk cabai sudah siap digunakan kapanpun Anda butuhkan

Cara Menyimpan Bubuk Cabai agar awet dan tidak mudah rusak

Membuat bubuk cabai dalam jumlah banyak tentunya harus mengetahui cara menyimpan dengan baik, karena proses penyimpanan yang tidak benar akan membuat bubuk cabai berjamur, apek, menggumpal, atau mengalami kerusakan lainnya. Sayang sekali bukan? Nah, agar tidak salah menyimpan ubuk cabe, intip dech cara menyimpan bubuk cabai agar awet dan tidak mudah rusak berikut ini :
•    Simpan bubuk cabai dalam wadah tertutup, misalnya botol kaca, toples tertutup, dan lainnya
•    Untuk pemakaian jangka panjang, Anda bisa menyimpannya kedalam plastik yang ditutup rapat kemudian ditaruh kedalam freezer.
•    Hindarkan bubuk cabai dari panas, cahaya matahari langsung, dan uap karena akan merusak tekstur, aroma dan rasa bubuk cabai. Sebaiknya simpan di tempat yang kering dan sejuk
•    Usahakan untuk menutup kembali toples/wadah penyimpanan karena dikhawatirkan akan mengundang serangga atau hewan pengerat yang merusak bubuk cabai.
•    Hindari menyimpan bubuk cabai didekat bahan berpewangi, misalnya : sabun, detergen, pewangi, dan lain sebagainya. Hal tersebut membuat bubuk cabai terkontaminasi bau wangi benda-benda disekitarnya.
Cara membuat bumbu cabai sendiri sangat mudah khan? Yuk, daripada pusing memikirkan harga cabai yang naik turun, mendingan kita terapkan jurus ampuh diatas. Semoga bermanfaat yaa!

Loading...
loading...
Previous
Next Post »