sss

Tips Bunda Cerdas Menyambut Ramadhan

Menjelang bulan ramadhan, harga barang mulai naik tak terkendali, termasuk bahan makanan. Kenaikan harga bahan makanan akan terus berlanjut hingga lebaran tiba. Sebagai wanita, pastinya kita harus cerdas menyiasati kondisi tersebut. Saat puasa, frekuensi makan memang berkurang menjadi dua kali, yakni sahur dan buka puasa. Meski demikian menu bulan puasa biasanya lebih special dari hari biasanya, karena itu budgetnya pasti lebih besar dong..
 
Nah, agar ibadah puasa Anda bisa lancar tanpa pusing memikirkan kenaikan harga barang dan keribetan memasak di dapur, simak tips bunda cerdas menyambut ramadhan berikut ini :

Membuat Bumbu Instan

Bumbu termasuk bahan makanan yang mengalami kenaikan harga di bulan ramadhan. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mulai belanja beberapa jenis bumbu dasar, misalnya bawang merah, bawang putih, cabe, merica, dan lain sebagainya. Anda bisa mengolah beberapa jenis bumbu tersebut menjadi bumbu instan siap pakai, misalnya : untuk bawang merah dan putih, Anda bisa menghaluskan, tumis hingga matang, kemudian simpan di kulkas. Untuk cabai dan merica, Anda bisa menyulapnya menjadi bubuk cabai dan bubuk merica. Cara ini tidak hanya membuat Anda lebih tenang menghadapi kenaikan harga bumbu, tapi juga memudahkan proses memasak.

Mulai membuat lauk kering

Lauk kering bisa menjadi alternatif yang mudah saat menikmati makan sahur, apalagi jika Anda bangunnya kesiangan atau sudah mepet Imsak. Bahan-bahan yang bisa dijadikan lauk kering menyambut ramadhan, antara lain : kentang kering, tempe kering, abon tuna, dendeng daging, serundeng ayam, dan lain sebagainya.

Stock daging/ikan/makanan olahan beku

Daging ayam, sapi dan ikan bisa dibekukan didalam freezer. Anda bisa menyimpan daging segar untuk stock satu bulan, jadi kapanpun dibutuhkan, Anda tinggal masak tanpa harus pusing belanja lagi. Selain itu, Anda juga bisa membuat olahan daging dan ikan, misalnya : baso daging sapi, baso ikan, nugget, dan lain sebagainya. Nah, mumpung harga belum naik terlalu tinggi, buruan dech mulai stock untuk bulan ramadhan.

Buat stock aneka sambal

Sambal merupakan pelengkap makanan yang wajib ada di meja makan. Biasanya harga cabe termasuk daftar yang sering mengalami kenaikan di bulan ramadhan. Agar tidak pusing mikirin harga cabe yang melambung dan agar tidak ribet bikin sambal pas bulan puasa, ada baiknya Anda mulai membuat aneka jenis sambal untuk stock ramadhan. Sambal bisa tahan hingga 1 bulan lebih asalkan proses penyimpanannya tepat. Jadi, ketika dibutuhkan, Anda tinggal menghangatkan saja dech.

Syrup sehat Homemade

Minuman manis dan menyegarkan paling dibutuhkan saat berbuka puasa. Memang sich kita bisa membeli sirup instan di pasaran, tapi harganya lumayan mahal. Selain itu sebagian merek sirup mengandung pemanis dan pewarna berbahaya. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mulai membuat sirup sehat dari buah-buahan/sayuran, misalnya tomat, jeruk, pandan, melon, dan lain sebagainya.

Stock bahan kebutuhan pokok

Belanja kebutuhan pokok selama ramadhan, seperti minyak goreng, tepung, beras, gula, mie, dan lainnya. Untuk menghemat anggaran bahan pokok, ada baiknya Anda mulai melirik diskon/potongan harga yang biasanya banyak diberikan oleh minimarket/supermarket.
Semoga tips bunda cerdas menyambut ramadhan diatas dapat membuat ibadah puasa Anda berjalan lancar tanpa harus pusing memikirkan kenaikan harga barang dan ribetnya mengolah makanan untuk buka puasa maupun sahur.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »