sss

Tips Memasak Lele Goreng Agar Tidak Amis dan Renyah Sempurna

DapurOnlineku - Anda pasti tidak asing dengan ikan lele khan? Ya, ikan berkumis dan bersirip tajam yang sering melukai tangan ini termasuk salah satu ikan yang difavoritkan masyarakat Indonesia. Dagingnya yang gurih dan lembut serta harganya yang murah membuat ikan lele banyak digemari semua kalangan.
lele goreng/foody.id
Selain itu, lele mengandung protein dan nutrisi penting yang bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Lele bisa diolah menjadi beragam masakan yang menggugah selera, diantaranya : lele crispy, penyet lele, lele panggang, lele rica-rica, mangut lele, dan masih banyak yang lainnya.
Mengolah lele tidak semudah yang dibayangkan, karena salah langkah akan membuat rasanya menjadi amis atau bau tanah. Nah, agar rasa olahan lele tidak amis dan bau tanah, simak tips memasak lele goreng agar tidak amis dan renyah sempurna berikut ini :

•    Membersihkan lele

Setelah membeli lele, segera bersihkan lendir yang menempel pada tubuhnya. Potong siripnya yang panjang dan buang kotoran dalam perutnya hingga bersih.

•    Merendam lele kedalam bumbu

Merendam lele kedalam bumbu tidak hanay membantu menghilagkan amis, tapi juga membuat daging lebih gurih dan lezat. Bumbu yang digunakan untuk merendam, antara lain : ketumbar, garam, bawang putih, kunyit dan jahe yang dihaluskan dan diberi air.

•    Sayat daging lele

Agar bumbu meresap sempurna hingga kedalam, sayat daging lele pada sisi kanan dan kirinya. Menyayat lele juga membuat proses penggorengan ikan jadi tidak meletup, lebih cepat matang dan kering sempurna hingga ke dalam.

•    Menggoreng lele tanpa lengket

Agar lele tidak lengket saat digoreng, panaskan wajan terlebih dahulu. Tuangkan minyak goring dengan jumlah yang banyak (bisa merendam lele dengan sempurna). Setelah minyak goring panas, Anda bisa memasukkan ikan lele satu persatu.

•    Lele matang sempurna dan renyah

Saat menggoreng lele, pastikan jangan membolak-balik lele agar tidak hancur dagingnya. Saat ingin membalik ikan, pastikan sudah dalam kondisi kering sempurna.

•    Jangan membolak-balik ikan

Saat hendak membalik ikan, pastikan kondisinya sudah kering dan siap dibalik. Jangan pernah membolak-balik ikan karena akan merusak penampilan ikan atau dagingnya.
lebih jelasnya silahkan simak videonya
Mudah sekali khan? Ikan lele goreng yang gurih dan renyah sempurna sudah siap menemani di meja makan. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan Anda dalam mengolah hidangan istimewa untuk keluarga tercinta.
Baca Artikel Keren Lainnya
Cara Masak Mangut Ikan Lele yang Sedap Menggoda
Rahasia Membuat Siomay Bandung Yang Nikmat
Tips dan cara Mudah Membuat Nasi Uduk dengan Rice Coker

Loading...
loading...
Previous
Next Post »