sss

Cara Membuat Ketupat yang Enak dan Tidak Mudah Basi

Lebaran tidak afdol jika tanpa ketupat. Jika di kota, ketupat bisa kita jumpai di lebaran pertama, namun di pedesaan, ketupat akan mulai dimasak setelah lebaran ke tujuh atau biasa disebut hari raya ketupat. Ketupat bisa disajikan bersama aneka olahan tertentu, misalnya : rendang, sambal goreng udang labu, gulai kikil, opor ayam dan lain sebagainya. (Jangan cuci daging sapi/kambing, ini alasannya!)


Membuat ketupat bisa dibilang tidak mudah, karena salah memasak akan membuat ketupat keras/lembek dan tidak pas. Nah, agar tekstur ketupat bisa kenyal dan rasanya pas, simak cara membuatnya berikut ini :

Pilih cangkang ketupat yang segar dan ukurannya sama

Cangkang atau kulit ketupat terbuat dari janur/daun kelapa. Pilihlah daun yang segar, yakni berwarna kuning cerah/kehijauan, karena akan membuat penampilan ketupat lebih menarik. Selain itu, pastikan memilih ketupat dnegan ukuran yang sama besar agar ketupat bisa matang sempurna saat dimasak.

Takaran beras yang tepat

Membuat ketupat tidak bisa dilakukan sembarangan, tapi takarannya harus tepat agar hasil olahan sempurna. Berbeda jenis beras, berbeda pula takarannya, misalnya : jika beras pulen, maka takaran yang tepat untuk ketupat adalah ½ dari ketupatnya. Namun jika beras pera, Anda bisa mengisi 1/3 dari ketupatnya.

Proses memasak harus tepat

Masukkan ketupat ketika air dalam panci sudah mendidih. Sebisa mungkin, pastikan air bisa merendam seluruh bagian ketupat agar matang sempurna. Jika Anda memasak dalam panci biasa, waktu yang dibutuhkan untuk memasak ketupat adalah sekitar 3-4 jam, namun jika menggunakan panci presto, maka waktu memasak akan jauh lebih singkat, yakni 1 – 2 jam saja. Jangan lupa tambahkan air panas jika air rebusan mulai berkurang.

Menyimpan ketupat yang tepat

Ketupat akan lebih awet dan tidak mudah basi apabila proses penyimpanannya benar. Ada baiknya menggantung ketupat agar uap panas hilang dan kadar air dalam ketupat juga berkurang atau tidak lembab. Jika ketupat masih ada sisa, Anda bisa memasukkan ke dalam kulkas dengan membungkus kedalam plastik agar tidak kering.
Hem, sudah siap membuat ketupat sendiri? Semoga informasi tentang cara membuat ketupat yang enak dan tidak mudah basi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
loading...
Previous
Next Post »