sss

Cara Mengolah Masakan agar Rendah Lemak dan Sehat


Menjaga pola makan yang sehat wajib dilakukan semua orang agar terhindar dari ancaman penyakit. Seperti yang kita tahu, saat ini banyak sekali penyakit yang muncul akibat pola makan yang tidak sehat, misalnya : kelebihan gula/diabetes, hipertensi, jantung, dan lain sebagainya. Selain mengontrol asupan garam dan gula, salah satu jenis makanan yang harus dihindari adalah makanan berlemak tinggi. Banyak bahan makanan di sekeliling kita yang mengandung lemak tinggi, diantaranya : makanan yang digoreng, ayam, daging, dan lain sebagainya. (Waspadai Penyakit AKibat Kolesterol Tinggi)
Gambar/ww.makanansehat.web.id

Mengonsumsi makanan berlemak tinggi secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan kita. Untuk itu, selain memilih makanan yang berkadar lemak rendah, Anda juga harus memahami bagaimana cara mengolah makanan agar rendah lemak, diantaranya yang berikut ini : (Makanan yang Meningkatkan Risiko Kanker Payudara)

Mengukus

Mengukus merupakan teknik memasak makanan paling sehat, karena dapat meminimalkan kandungan lemak dalam makanan. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda memasak ikan, ayam, daging atau bahan lainnya dengan cara dikukus.

Bakar atau Panggang

Membakar atau memanggang bisa menjadi cara mengolah makanan agar rendah lemak, asalkan ketika membakar/memanggang Anda tidak menambahkan margarin atau minyak. Agar rasa masakan lebih sedap, Anda bisa menggunakan daun pisang sebagai alas atau bungkus makanan.

Pilih Minyak goreng sehat

Agar makanan yang diolah lebih rendah lemak dan sehat, sebaiknya Anda gunakan minyak zaitun untuk mengolah makanan, karena lebih sehat dan mengandung lemak baik.

Gunakan Wajan Antilengket

Agar makanan berkadar lemak rendah, Anda bisa menggoreng menggunakan wajan antilengket dengan sedikit minyak.

Ganti santan kelapa dengan dengan Susu rendah lemak

Agar makanan lebih sehat dan rendah lemak, sebaiknya Anda menghindari penggunaan santan. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan susu skim atau susu kedelai yang rendah lemak.

Buang lemak yang menempel pada daging sebelum dimasak

Selain memilih daging yang mengandung sedikit lemak, Anda juga bisa membuang lemak yang menempel sebelum dimasak, seperti : kulit ayam dan lemak daging.

Gunakan Microwave untuk memasak

Memasak menggunakan microwave atau oven menjadi salah satu trik agar hasil masakan rendah lemak.
Dengan membatasi asupan makanan yang mengandung lemak tinggi dan menjaga gaya hidup sehat, niscaya tubuh akan lebih sehat dan terhindar dari ancaman penyakit.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »