sss

Cara Mudah Kenali Telur Asin Palsu




Telur asin/teropongbisnis.com

Telur asin merupakan sumber protein dan nutrisi penting yang bisa menjadi alternative untuk lauk sehari-hari. Selain praktis, rasanya juga sangat nikmat dan menggugah selera. Membuat telur asin butuh waktu yang tidak instan, karena banyak tahapan yang harus dilalui untuk mendapatkan telur asin dengan kualitas baik. Telur asin bisa diolah dalam berbagai rasa dan varian, sehingga jumlah peminatnya semakin meningkat. Sayangnya kondisi tersebut dimanfaatkan oleh beberapa oknum tak bertanggung jawab untuk ikut memasarkan telur asin palsu. (Cara mengolah dan Menyimpan Terasi sebelum digunakan)
Secara fisik, warna dan penampilan telur asin palsu tentu tidak jauh beda dengan aslinya. Namun jika Anda jeli, ternyata ada banyak perbedaan yang bisa dikenali dengan mudah. Nah, agar Anda tidak terjebak membeli telur asin palsu, simak cara mudah mengenali telur asin palsu berikut ini :

Dilihat dari harganya

Harga telur asin palsu relatif lebih murah dari telur asin asli. Hal itu jelas, karena proses pembuatan telur asin palsu lebih mudah dan bahannya juga lebih murah.

Warna kulit telur asin

Warna kulit telur asin palsu seringkali tidak merata, yakni terdapat belang-belang putih atau kecoklatan. Hal itu tentu berbeda dengan warna telur asin asli yang biru cerah dan terlihat bersih.

Dilihat dari kuningnya

Ketika telur asin dibelah, maka Anda akan mudah mengenali mana telur asin asli atau palsu. Pada telur asin palsu, warna kuning akan terlihat keputihan atau pucat, karena terbuat dari telur ayam. Sedangkan kuning telur asin asli berwarna kuning/orange atau kuning kemerahan.

Gosok kulitnya

Jika masih belum yakin, coba gunakan cairan pemutih baju, lalu gosok kulit telur asin yang Anda beli. Jika warnanya memudar atau berubah kecoklatan, maka sudah jelas kalau telur asin yang Anda beli adalah palsu.
Jangan mudah tergiur harga murah, karena bisa jadi Anda membeli telur asin palsu yang dapat membahayakan kesehatan keluarga. Semoga informasi tentang cara kenali telur asin palsu diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »