sss

Stop Buang Kulit Udang, Ini Manfaatnya yang Luar Biasa untuk Kesehatan

Apakah Anda termasuk penggemar Udang? Jika ya, pastilah Anda sudah tahu apa keistimewaan dari Udang, bukan? Udang termasuk makanan kaya protein, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C,  dan mineral penting lainnya, seperti : zat besi, kalsium, dan fosfor. Semua zat yang terkandung dalam udang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Udang bisa diolah menjadi aneka kuliner yang lezat dan menggugah selera, misalnya : rempeyek udang, tumis udang, udang asam manis, kare udang, sate udang, dan lain sebagainya. Namun sayangnya, kebanyakan orang mengolah udang dengan cara mengupas kulitnya, padahal kulit udang memiliki rasa yang sangat nikmat dan kaya akan kalsium dan zat gizi lainnya. (Cara Menyimpan Keju agar Tidak Rusak dan Berjamur)
Udang/energitoday.com
Udang yang dimasak bersama kulitnya akan memiliki rasa yang lebih gurih dan aromanya lebih kuat daripada olahan udang yang dikupas. Nah, agar Anda lebih memahami pentingnya memasak udang bersama kulitnya, simak manfaat luar biasa udang dan juga kulitnya untuk kesehatan : (Suka Malas Gosok Gigi? Ini Bahayanya Bagi Kesehatan)

Menguatkan Tulang

Kulit udang kaya akan kalsium dan fosfor yang dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi.  Selain itu, kandungan glucosamine dalam kulit udang juga dapat membantu pembentukan tulang rawan dan masalah persendian tulang. (Bersihkan Usus Besar dengan 7 Makanan Ini)

Meminimalisir Risiko penyakit Typus

Zat khitin dalam kulit udang dapat membantu menghambat pertumbuhan beragam jenis mikroba pathogen yang menjadi penyebab penyakit thypus, misalnya : Salmonella enterica var. parathypi-A, Salmonella enterica var paratyphi-B, dan Salmonella aenterica. (Cerahkan Wajah Kusam dan Berminyak dalam Seminggu)

Menghambat Kanker

Kandungan sulforaphanedan selenium dalam kulit udang dapat membantu mencegah dan penghambat produksi sel kanker. Selain itu, selenium juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

Mencegah Anemia

Udang kaya akan Vitamin B12 yang membantu produksi sel darah merah sehingga risiko penyakit anemia dapat diminimalisir.

Mencegah depresi

Udang kaya akan asam lemak omega-3 yang bagus untuk melawan depresi, meningkatkan suasana hati, dan membantu meningkatkan kecerdasan otak.

Menyehatkan prostat

Kandungan zink atau seng dalam udang dapat membantu memenuhi kebutuhan zink dalam tubuh, dimana zinc sangat bagus untuk kesehatan prostat.
Selain manfaat udang dan kulitnya bagi kesehatan diatas, ternyata memasak udang bersama kulitnya dapat mencegah udang kematangan. Kulit udang dapat membantu menahan panas dari proses asak sehingga rasa udang akan lebih pas dan fresh. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »