sss

Suka Masak dengan Bumbu Instan? Kenali Bahaya Bumbu Masak Instan!

Suka masak menggunakan bumbu instan? Bumbu masak seringkali dipilih para ibu agar acara masak jadi lebih cepat dan pastinya tidak ribet. Namun, bukan rahasia lagi jika sesuatu yang instan pastilah memiliki “efek” yang tak selalu menyenangkan, terutama bagi kesehatan. Meski kebanyakan produsen bumbu instan mengklaim jika produknya dibuat dari bahan yang segar dan berkualitas, namun ternyata didalam bumbu instan terdapat tambahan bahan-bahan yang dapat membahayakan kesehatan. Diantara bahan-bahan berbahaya yang ada dalam bumbu instan, antara lain : 

•    Pewarna, yang membuat warna masakan jadi lebih cerah dan menarik
•    Pengawet, yang membuat bumbu masakan tidak cepat basi
•    Penyedap rasa, yang membuat rasa masakan jadi lebih lezat
Ingin tahu, apa sajakah bahaya yang mengintai akibat masak menggunakan bumbu instan? Simak saja informasinya berikut ini :

Gangguan pencernaan

 Meski mengklaim menggunakan bahan-bahan segar, tapi jika diproses dan dikemas dengan cara yang tidak higienis, maka bumbu instan juga dapat berbahaya bagi kesehatan sistem pencernaan. Diantara akibat mengonsumsi makanan tidak higienis, adlah : mual, muntah, diare, dan lainnya.

Gangguan hati dan ginjal

Dalam bumbu instan mengandung berbagai bahan tambahan makanan (BTM)  yang bersifat kimiawi. Bisa dibayangkan bagaimana jika bahan-bahan kimia tersebut menumpuk dan mengendap dalam tubuh kita?  Selain sebabkan gangguan saraf, tumpukan zat kimia dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan hati dan ginjal.

Sebabkan kanker

Dalam bumbu instan biasa terdapat kandungan MSG (monosodium glutamat) yang umumnya bermanfaat menyedapkan masakan. Mengonsumsi MSG secara berlebihan dan dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan, salah satunya kanker.

Sebabkan hipertensi dan stroke

Dampak buruk lainnya yang patut diwaspadai dalam bumbu instan adalah natrium benzoate yang berfungsi sebagai pengawet atau natrium klorida (garam). Penumpukan kadar natrium dalam tubuh sangatlah berbahaya, karena dapat meningkatkan risiko penyakit hipertensi dna juga stroke.

Bahaya mengintip dari kemasan bumbu

Selain bahan-bahan tambahan dalam bumbu instan yang berbahaya, ternyata ada bahaya lain yang mengintip akibat bumbu instan, yakni kemasannya. Kebanyakan bumbu instan menggunakan kemasan plastic yang memiliki efek negative apabila zat dalam plastik bermigrasi kedalam bahan makanan yang dikemas, karena zat tersebut bersifat karsiogenik. Bahaya yang ditimbulkan antara lain : gangguan system pencernaan hingga kanker.
Jika Anda tetap ingin menggunakan bumbu instan saat memasak, pastikan selektif memilih produk bumbu instan yang aman, diantaranya : memiliki label izin/sertifikasi, asli atau palsu, kemasannya harus food grade, tidak mengandung zat-zat kimia berbahaya, dan lainnya. Namun jika Anda ingin keluarga tercinta lebih terjaga kesehatannya, sangat disarankan untuk menggunakan bahan dan bumbu segar saat memasak.

Loading...
loading...
Previous
Next Post »