sss

Waspadai, Ternyata Ada 8 Sumber Kuman dan bakteri di Dapur Anda

Dapur menjadi tempat paling penting bagi keluarga, karena dari sinilah semua bahan makanan disimpan dan diolah menjadi aneka hidangan lezat untuk keluarga. Menjaga kebersihan dan kenyamanan dapur adalah hal yang harus dilakukan setiap hari, karena dapur kotor merupakan tempat favorit bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak. Sayangnya tidak banyak orang yang memahami bahkan cenderung menganggap remeh keberadaan kuman dan bakteri. Padahal keberadaan kuman dan bakteri bisa mengancam kesehatan keluarga Anda. (Bumbu Dapur yang Harus dibatasi agar tubuh Sehat)
Dapur/www.solusiproperti.com
Nah, agar Anda lebih waspada lagi, simak 8 sumber kuman dan bakteri di dapur Anda berikut ini :

1.    Spons cuci piring

Spons selalu bersinggungan dengan kotoran dan sisa makanan, karena itu tak heran jika menjadi tempat paling favorit bagi kuman dan bakteri. Untuk menghindarinya, Anda harus rajin mencuci spons dan mengeringkannya. (Tips Agar Cabai Tidak Meletus saat digoreng)

2.    Wastafel dapur

Setiap hari Anda mencuci perabotan dapur di wastafel, otomatis sisa makanan dan kotoran akan menempel dan mengundang bakteri yang siap mengancam kesehatan keluarga Anda. Untuk mengatasinya, Anda wajib membersihkannya dengan cairan pemutih secara rutin. (Rahasia Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan)

3.    Talenan

Talenan seringkali digunakan untuk mengiris daging mentah, sayuran atau bahan makanan lain. Jika tidak rutin dibersihkan, sisa-sisa kotoran akan menempel dan mengendap pada talenan. Hal itu tentu mengundang kuman dan bakteri bukan? Untuk itu, rutin bersihkan dan keringkan talenan. (Suka Malas gosok Gigi? Ini Bahayanya bagi Kesehatan)

4.    Tempat Sampah

Tempat sampah menjadi sarang kuman dan bakteri yang menyebabkan bau tak sedap dan dapat mengontaminasi makanan. Oleh karena itu pastikan Anda membuang sampah dapur setiap hari. (Rahasia Manfaat Kacang panjang Untuk Kesehatan)

5.    Kulkas

Kulkas menjadi tempat penyimpanan makanan, karena suhu dingin dapat memperlambat pertumbuhan bakteri sehingga mencegah makanan basi atau busuk. Menjaga kebersihan kulkas sangat wajib dilakukan, karena bakteri dapat tumbuh dengan cepat dan mengontaminasi makanan.

6.    Pisau

Memisahkan pisau untuk memotong bahan tertentu wajib dilakukan, misalnya : pisau daging harus dipisah dengan pisau buah dan sayuran.  Kenapa harus dipisahkan? Karena pisau yang tidak steril bisa mengontaminasi bahan makanan lain. Pastikan Anda mencuci bersih pisau saat dan setelah digunakan.

7.    Lap

Lap sering digunakan untuk mengeringkan tangan setelah maupun saat makan atau beraktivitas lain di dapur. Lap kotor menjadi sarang bakteri sehingga membuat bakteri berpindah ke tangan Anda. Oleh karena itu, pastikan menjaga kebersihan lap dapur.

8.    Celemek

Celemek juga merupakan sarang berkembangnya kuman dan bakteri. Hal itu akibat terkontaminasi bahan makanan mentah, oleh karena itu pastikan Anda mencuci celemek setiap hari.
Hem, ternyata barang-barang yang ada di dapur kesayangan Anda bisa jadi sarang kuman jika tidak dijaga kebersihannya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »