sss

Udang Goreng Sambel Terasi

Musim hujan begini, sambelan menjadi salah satu menu favorit karena selain mengundang selera, sambelan juga membuat kita bersemangat. Salah satu menu sambelan yang nikmat adalah udang goreng sambel terasi. Bagaimana cara membuat udang goreng sambel terasi yang nikmat? Ikuti terus penjelasan dalam artikel ini ya. Udang termasuk alternatif lauk yang bergizi, karena mengandung protein tinggi, vitamin B12, zat besi, magnesium, asam lemak omega-3, seng, tembaga, niasin dan vitamin D.
Udang segar yang baru saja dipanen tentunya mempunyai rasa manis dan lezat sehingga mau diolah apa saja, tetap nikmat. Okey dech, kita langsung saja pada menu makan malam kali ini, yakni Udang goreng  sambel terasi. Agar lebih jelasnya, simak step by step pembuatannya berikut ini ya :
Udang Goreng sambel terasi

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

¼ kg Udang segar, buang kepalanya (kalau saya lebih suka yang kres, makanya tidak dibuang kepalanya, Cuma dibersihkan bagian dalamnya saja))
2 bh Bawang putih, keprek
1 sdt Ketumbar bubuk
1 sdt Garam
¼ kg Minyak goreng

Bahan Sambelan :

1 bh Terasi udang
2 bh Cabe besar
6 bh Cabe kecil
1 bh Tomat sedang
2 bh Bawang merah
1 bh Bawang putih

Cara Pembuatannya :

  1. Campurkan bawang putih keprek, ketumbar dan garam. Lalu tambahkan sedikit air. Masukkan udang yang sudah bersih, aduk-aduk hingga merata.
  2. Panaskan Minyak goreng, lalu masukkan udang yang sudah dibumbui. Aduk-aduk hingga matang. Lalu tiriskan.
  3. Panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng semua bahan sambelan dari mulai tomat, bawang merah, bawang putih, cabe besar, cabe kecil, dan terasi. Setelah matang, uleg sambel hingga halus.
  4. Siapkan udang dalam mangkuk, lalu tuang sambal dibagian atas udang goreng.
Hem… kalau sudah siap semua, tinggal cocol saja dech. Semoga tips membuat udang goreng sambel terasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam memasak. Selamat Mencoba!!!
Loading...
loading...
Previous
Next Post »