sss

Tips Agar Tidak Menangis Saat Mengiris Bawang

Bawang termasuk bumbu masak yang sangat penting dan hampir ada di setiap masakan, jadi mau tidak mau Anda tetap tidak akan dapat menghindarinya. Beberapa orang merasa kesal dan enggan mengiris bawang, karena dapat membuat mata pedih dan meneteskan air mata. Kira-kira mengapa aktivitas mengiris bawang dapat menyebabkan mata pedih dan menangis? Ternyata, pada bawang merah atau bawang bombay terdapat enzim dan sulfur yang langsung bereaksi ketika kita mengupasnya. (Baca juga : Tips memasak bawnag goreng yang renyah dan gurih)
Kondisi tersebut, tentu sangat mengganggu aktivitas memasak. Untuk itu, beberapa orang mencoba menyiasatinya, dari mulai memakai kacamata, helm dan pelindung mata lainnya saat memasak. Sebenarnya Anda tidak perlu melakukan hal-hal konyol tersebut, karena rasa pedih akan tetap sulit dihindari. Lalu apa yang harus dilakukan? Ada banyak tips dan trik mudah untuk mengatasi mata pedih dan menangis saat mengiris bawang. Hem, daripada penasaran, simak beberapa tips agar tidak menangis saat mengiris bawang berikut ini :

Masukkan bawang kedalam freezer

Salah satu trik yang bisa Anda lakukan untuk menghindari pedih dan menangis saat mengiris bawang adalah dengan memasukan bawang kedalam freezer selama 10-20 menit sebelum Anda memotongnya. (Baca juga : Tips memasak lainnya)

Jangan memotong akarnya

Pada akar bawang biasanya mempunyai konsentrasi tertinggi dari senyawa belerang, sehingga akan menyebabkan pedih apabila dipotong. Karena itu, siasai dengan cara memotong bawang secara dadu seperti chef agar tidak mengenai akarnya. (Baca kisah menyentuh hati : Kesabaran menantu yang tidak diakui mertuanya)

Merendam bawang ke dalam air es

Merendam bawang ke dalam air es dapat melarutkan zat yang membuat mata pedih, karena itu tambahkan air es hingga bawang terendam kedalam air. (KIsah menyentuh hati : Ketika Suamiku Menikah Sirri)

Nyalakan lilin

Trik lain untuk menghindari pedih dan menangis saat mengiris bawang adalah dengan menyalakan lilin atau mengiris bawang di dekat kompor yang menyala. Panas dapat menjauhkan senyawa belerang dari mata Anda sehingga pedih dan menangis tidak akan menghampiri Anda ketika mengiris bawang.(Baca kisah : Lara hati seorang istri yang dipoligami)

Gunakan alat pengiris bawang

Tips terakhir untuk menghindari pedih dan menangis saat mengiris bawang adalah dengan menggunakan food processor atau pengiris bawang. Dijamin dech, urusan mengiris bawang akan beres dalam sekejap.
Semoga Tips Agar Tidak Menangis Saat Mengiris Bawang diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sumber : pengalaman pribadi
Loading...
loading...
Previous
Next Post »