sss

Tips Memasak Bawang Goreng yang Gurih dan Renyah

Bawang goreng termasuk bahan pelengkap yang berfungsi menambah cita rasa dan menyempurnakan penampilan masakan. Karena itu, keberadaannya sangat penting dan harus ada pada hampir semua jenis masakan. Besarnya kebutuhan konsumen akan bawang goreng, membuat beberapa pedagang berlomba-lomba memasarkan bawang goreng instan. (Baca resep aneka daging yang nikmat)
Sayangnya, tidak semua bawang goreng yang dijual di pasaran tersebut terbuat dari bawang murni. Demi mengeruk untung besar, beberapa pedagang rela mencampurkan bahan-bahan lain, misalnya singkong, tepung, dan lain sebagainya. Bahkan ada yang mencampurkan bawang busuk kedalam produknya. (Baca tips memasak keren lainnya)  Hasilnya? Bukannya membuat masakan sedap, bawang instan justru membuat masakan berbau tengik, rasanya aneh, atau tidak tercium aroma harum khas bawang goreng. Untuk menyiasatinya, kita bisa memasak sendiri bawang goreng yang gurih dan renyah. agar tidak kesulitan, simak tips-tipsnya berikut ini :

1.    Kupas bawang sampai bersih dan Potong Tipis

Untuk mendapatkan bawang goreng yang renyah, maka ada baiknya Anda mengupasnya sampai bersih dan memotongnya tipis-tipis. Jadi selain lebih renyah dan harum, cara ini juga dapat mempersingkat waktu menggoreng bawang.(Tiga pintu perselingkuhan)

2.    Rendam bawang goreng kedalam air garam

Agar rasa bawang lebih gurih, Anda bisa menambahkan satu sendok garam pada rendaman bawang merah goreng sebelum digoreng. (Bisnis menguntungkan untuk Ibu rumah tangga)

3.    Gunakan minyak yang berkulitas bagus/baru

Agar bawang goreng menghasilkan warna yang cokelat cerah, Anda harus menggunakan minyak berkulitas bagus dan baru untuk menggoreng. Jangan gunakan minyak bekas, karena hasil gorengannya akan lebih gelap dan tidak menarik. (Tips agar tidak menangis saat mengiris bawang)

4.    Gunakan minyak dalam jumlah  banyak

Untuk mendapatkan hasil gorengan yang matang merata dan sempurna hasilnya, goreng bawang kedalam minyak yang banyak dan merendam seluruh bawang. (Kenapa Suami wajib menyayangi istrinya)

5.    Masak bawang dnegan api sedang

Memasak bawang goreng membutuhkan kesabaran ekstra, karena tidak bisa terburu-buru agar cepat matang. Penggunaan api terlalu besar akan membuat bawang mudah gosong dan tidak merata. Jadi, gunakan api sedang agar kita mudah mengontrol tingkat kematangan dan kerenyahan bawang goreng. (Baca kisah menyentuh hati : DOa tulus suami yang menghancurkan keegoisan istri)

6.    Rajin mengaduk-aduk bawang sampai matang

Menggoreng bawang membutuhkan perhatian ekstra, yakni dengan rajin mengaduk-aduk tingkat kematangannya lebih bagus dan merata. Selain itu, mengaduk-aduk juga menghindarkan bawang dari kegosongan yang membuat bawang goreng menjadi pahit dan tidak harum. (Baca resep aneka olahan sayur)

7.    Penyimpanan

Setelah bawang goreng matang, angkat dan tiriskan. Lalu hamparkan bawang goreng  ke dalam wadah beralaskan tissue atau kertas agar minyaknya terserap dan bawang tidak mudah tengik. Simpan bawang ke dalam toples/wadah tertutup. agar kerenyahannya tetap terjaga, Anda bisa menyimpan wadah kedalam kulkas.
Bagaimana, masih mau mengandalkan bawang instan untuk menyempurnakan masakan Anda? Yuk memasak  bawang goreng sendiri agar lebih enak, menarik dan hemat. Semoga tips memasak bawang goreng  yang renyah dan gurih diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »