sss

Tips Cerdas Menggoreng Matang dan Sempurna

Menggoreng merupakan salah satu cara mengolah makanan yang sangat populer dan banyak digemari masyarakat. Penampilan dan cita rasa makanan yang digoreng umumnya lebih menarik perhatian dibandingkan makanan yang dimasak dengan teknik lainnya. Namun, kenyataannya tak banyak orang yang mampu melakukan teknik menggoreng dengan sempurna sehingga hasil masakan menjadi kurang menarik atau bahkan tidak enak rasanya, misalnya : matang luarnya namun dalamnya masih mentah, terlalu gosong, matang dengan warna yang tidak menarik, dan masih banyak problem lainnya.
Harus disadari bahwa tingkat kematangan bahan makanan yang digoreng bukan hanya dilihat dari warnanya saja, akan tetapi cara memasak juga mempengaruhi tingkat kematangan bahan tersebut. Nah, agar sukses menggoreng makanan dengan matang dan hasil sempurna, maka simak aneka tips menggoreng berikut ini :

•    Perhatikan suhu minyak ketika memasukkan gorengan

Sebelum memasukkan bahan yang akan digoreng, Anda harus memastikan terlebih dahulu suhu minyaknya. Menggoreng dengan hasil yang bagus bisa Anda dapatkan dari minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang. Hindari memasukkan bahan ketika api  terlalu tinggi karena menyebabkan gosong diluar dan mentah bagian dalam.

•    Gunakan minyak baru

Agar warna dan cita rasa masakan yang digoreng bisa sempurna, usahakan menggoreng makanan dengan minyak yang masih baru. Penggunaan minyak bekas makanan lain akan membuat warna gorengan kurang menarik/kehitaman.

•    Sesuaikan bahan dan volume minyak

Salah satu kunci untuk mendapatkan hasil gorengan yang matang dan sempurna adalah kesesuaian volume minyaknya. Jika bahan yang akan digoreng besar/banyak maka jumlah minyak harus sesuai agar hasil gorengan bisa matang dan penampilannya sempurna.

•    Membolak-balik makanan

Agar hasiil gorengan sempurna, jangan lupa membalik makanan yang digoreng. Tapi, frekuensi membalik jenis makanan satu dan lainnya tidak sama loh. Misalnya : ketika menggoreng krupuk, maka Anda harus sering membolak-baliknya agar mekar sempurna dan tidak gorong, sebaliknya pada beberapa bahan lainnya justru tidak boleh sering dibolak-balik (harusnya seperlunya saja) karena justru membuat gorengan hancur, misalnya : ikan, ayam, dan aneka makanan lain.
  • Jangan mencampur bahan makanan

Agar hasil gorengan sempurna, jangan mencampur bahan makanan satu dnegan lainnya dalam penggorengan. Karena tingkat kematangan bahan satu dengan lainnya tidaklah sama, misalnya : tahu dengan tempe yang umumnya menggoreng tempe membutuhkan waktu lebih singkat dibandingkan tahu.
Demikian tips menggoreng matang dan sempurna ala Dapuronlineku, semoga bermanfaat buat Anda semua yaa…
Loading...
loading...
Previous
Next Post »