sss

Tips Mudah Menyimpan Masakan Agar Tidak Cepat Basi

Gambar/Infodapur
Memasak makanan untuk keluarga memang menyenangkan, apalagi jika hasil masakan kita menjadi favorit dan selalu dirindukan. Hem, pasti makin semangat memasak ya! Adakalanya masakan yang kita olah tidak habis dalam waktu sehari, lalu bagaimana cara menyimpan sisa masakan agar tidak basi? Mungkin sebagian besar wanita sudah tahu bagaimana cara yang tepat menyimpan masakan yang baik.
Menyimpan masakan yang baik akan membuat makanan tidak mudah basi dan tetap terjaga kualitasnya. Sayang sekali khan, jika masakan yang kita olah dengan susah payah harus berakhir di tong sampah hanya karena sudah basi, berjamur, atau berubah tekstur dan rasanya. Nah, bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara menyimpan masakan agar tidak basi, Dapuronlineku akan menyajikannya untuk Anda, Simak yaa :

Hangatkan dulu sebelum disimpan

Sebelum menyimpan masakan, pastikan Anda menghangatkannya terlebih dahulu. Untuk sayuran berkuah, pastikan proses menghangatkannya hingga mendidih. Untuk olahan sambal atau masakan berbumbu kental, Anda bisa menambahkan sedikit air, kemudian memasaknya hingga kering.

Jangan tutup rapat makanan saat panas

Setelah masakan dihangatkan, diamkan hingga panas menguap/agak dingin, barulah Anda bisa menutup dan menyimpan masakan. Karena menutup langsung saat makanan panas akan membuat uap air masuk dalam masakan yang menjadi penyebab masakan basi.

Simpan dalam wadah kedap udara

Wadah kedap udara menjadi pilihan yang tepat untuk menyimpan masakan, karena lebih aman dan maksimal dalam menjaga makanan agar tidak terkontaminasi bakteri/kuman yang merusak makanan. Jangan lupa pilih wadah penyimpanan yang berkualitas baik, misalnya terbuat dari bahan antara lain : botol, plastik, alumunium, stainless, dan lainnya.

Hindari Menyentuh/Mengaduk Makanan di Tempat Penyimpanan

Ketika masakan sudah dihangatkan dan disimpan, pastikan Anda tidak menyentuh/mengaduk makanan kembali, karena hal tersebut akan membuat makanan lebih mudah basi. Jika keesokan harinya, Anda hendak mengonsumsi makanan tersebut, silahkan menghangatkan terlebih dahulu.

Hindari menyimpan makanan di luar Ruangan

Meskipun sudah dihangatkan, namun Anda jangan menyimpan masakan diluar ruangan terlalu lama, karena rentan terkontaminasi bakteri/kuman yang membuat makanan lebih cepat basi.

Simpan makanan ke dalam Kulkas

Setelah dihangatkan dan disimpan kedalam wadah kedap udara, Anda bisa menyimpannya ke dalam kulkas agar makanan lebih tahan lama dan tidak mudah basi. Pastikan juga kulkas tidak dalam kondisi penuh sesak agar masakan Anda memiliki ruang untuk sirkulasi udara yang baik.
Semoga tips mudah menyimpan masakan agar tidak cepat basi diatas dapat membantu memudahkan pekerjaan Anda sehari-hari. Selamat Beraktivitas!
Loading...
loading...
Previous
Next Post »