sss

Tips dan Cara Membuat Telur Asin yang Masir dan Enak

Siapa sich yang tidak suka telur asin? Mengasinkan telur menjadi alternatif untuk memperpanjang usia simpan telur, karena telur lebih cepat busuk apabila tidak segera diolah. Telur asin menjadi favorit semua kalangan, karena rasanya yang nikmat, pulen dan lebih gurih. Jika Anda termasuk penggemar telur asin, tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuatnya sendiri di rumah. Apalagi saat ini banyak berita beredar tentang telur asin palsu. Hem, mengerikan bukan? (Cara Membuat Fried Chicken yang Kriting dan Crispy)
Membuat telur asin sendiri tidak hanya lebih hemat, tapi Anda juga bebas berkreasi dengan telur asin buatan sendiri, misalnya dengan metode dioven, diasap atau dikukus seperti biasanya. Untuk proses pembuatan telur asin sendiri tidaklah rumit, bahan dan peralatannya juga sangat mudah didapatkan. Untuk lebih jelasnya, simak step by stepnya berikut ini :

Pilih telur bebek berkualitas

Pilih telur bebek yang terbaik, yakni bebek yang diberi pakan organic dan udang sehingga telurnya tidak amis dan kuning telurnya agak kemerahan. Sebelum dibuat telur asin, tes lebih dahulu dengan cara merendam telur ke dalam ember berisi air. Kalau telur tenggelam, berarti layak digunakan. Jangan lupa pastikan telur yang dibuat tidak retak.

Bersihkan telur dari kotoran

Bersihkan telur dari kotoran, kemudian lap hingga kering. Setelah itu, amplas sedikit agar pori-pori telur terbuka dan garam mudah meresap. Rendam telur kedalam air dingin.

Siapkan bahan yang dibutuhkan

Siapkan abu gosok, garam dan batu bata merah halus dalam jumlah yang tepat dan sesuai dengan jumlah telur yang akan diproses menjadi telur asin.

Cara Membuat Telur Asin

Adapun cara membuat telur asin sendiri adalah sebagai berikut :
1.    Buat larutan air garam, kemudian rendam telur yang sudah dibersihkan selama kurang lebih 10 hari dalam wadah tertutup.
2.    Buat rendaman air garam yang lebih kental seperti pasta, kemudian susun telur dan siramkan adonan hingga merata, lalu diamkan selama beberapa hari.
3.    Campurkan abu gosok, batu bata halus dan garam dengan perbandingan 2:2:3. Tambahkan air dan aduk hingga menjadi pasta, kemudian bungkus telur hingga tertutup rapat, kemudian simpan telur di tempat terbuka dalam waktu tertentu. Agar rasa telur tidak terlalu asin, Anda bisa menyimpannya selama seminggu hingga setengah bulan.
4.    Buang adonan yang menempel pada kulit, cuci bersih, kemudian kukus atau oven hingga matang.
Ternyata, membuat telur asin sendiri di rumah tidaklah ribet ya? Semoga informasi tentang tips membuat telur asin yang enak dan masir diatas dapat menginspirasi kita semua.

Loading...
loading...
Previous
Next Post »