sss

Tips Agar Rebusan Tidak Meluap Dari Panci

Pernah merasa kaget ketika tiba-tiba rebusan kuah meluap dari panci? Meskipun sepele, namun kondisi ini dapat membuat seseorang merasa panikdan takut. Ada beberapa jenis masakan yang mudah meluap dan meluber keluar panci saat direbus, diantaranya : santan, kaldu, agar-agar, susu, air gula, dan lain sebagainya. Kondisi tersebut tentu tidak menyenangkan, karena membuat kompor menjadi kotor atau bahkan rusak akibat kemasukan air. Tapi apakah Anda harus menghindari memasak bahan-bahan tersebut? Tentu saja tidak, karena dengan beberapa tips mudah, Anda  bisa mencegah agar rebusan tidak meluap dari panci. Kira-kira apa sajakah yang bisa dilakukan untuk mencegahnya? Simak tips agar rebusan tidak meluaap dari panci berikut ini :
cara-mencegah-rebusan-meluap
cara mencegah rebusan meluap

•    Hindari masak dalam suhu tinggi

Memasak dalam suhu tinggi dapat meningkatkan risiko rebusan meluap dari panci. Oleh karena itu, pastikan memasak beberapa jenis masakan yang sering meluap (kaldu, air gula, susu, santan, agar-agar) dengan menggunakan api kecil atau sedang.

•    Aduk-aduk

Mengaduk-aduk masakan yang direbus dapat meminimalisir risiko masakan meluber dari panci dan yang pasti membuat hasil masakan jadi lebih sempurna. Diantara masakan tersebut, misalnya : agar-agar, santan dan lainnya.(Jangan Remehkan Kulit Telur, Ini Khasiatnya)

•    Manfaatkan sendok kayu

Meletaakkan sendok kayu yang panjaang pada tengah panci bisa menjaadi alternative untuk mencegah kuah meluap dan meluber dari panci. Kok bisa begitu? Ternyata dengan meletakkan sendok kayu di tengah panci, maka konsentrasi didihaan bisa sedikit terpecah sehingga uap masakan bisa keluar, (Enam Buah Surga yang ada Di Dunia dan Khasiatnya)

•    Manfaatkan tusuk gigi atau sumpit

Sebagaimana sendok kayu diatas, Anda bisa meletkkaan sumpit atau tusuk gigi dibawah tutup. Dengan demikian, air rebusan tidak akan meluber keluar, karena terdapat ruang kecil (sela-sela sumpit/tusuk gigi) yang membuat udara  bisa keluar.  (Cara Paling AMpuh Sembuhkan Jantung dan Hipertensi)

•    Takaran harus tepat

Agar rebusan Anda tidak meluaap dan meluber saat dimasak, pastikan kuah tidak melebihi kapasitas panci. (Rahasia Masak Kacang hijau yang Empuk dan Tidak Pecah)

•    Tidak menutup panci

Untuk menghindari rebusan meluap atau meluber saat direbus, Anda bisa mengabaikan tutup panci untuk sementara waktu. Kondisi ini membuat uap panas bebas keluaar dari panci sehingga dijamin kuah tidak akan meluber keluar dari panci. (Kumpulan Resep Sambal Enak dan Terfavorit)
Hem, meskipun terlihat sepele, namun seseorang harus mengetahui dengan benar cara memasak diatas. Semoga informasi yang berjudul Tips Agar Rebusan Tidak Meluap Dari Panci diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »