sss

Cara Memilih Daging Giling yang Segar dan Nutrisinya Utuh

Mana yang lebih Anda pilih, antara memilih daging utuh dengan daging giling? Tentu ibu akan menjawab tergantung kebutuhan masakan, karena ada kalanya daging giling lebih dibutuhkan saat mengolah beberapa masakan, salah satunya : baso. Menggiling daging sendiri memang tidak mudah dan memakan waktu lama, karenanya tak heran jika sebagian ibu memilih alternatif lain, yakni : memilih daging giling. Namun begitu, ada banyak hal yang harus diperhatikan saat memilih daging giling. Karena dibandingkan daging utuh, daging giling lebih mudah berubah warna dan mudah basi akibat terpapar oksigen yang lebih besar. Jangan sampai karena ketidaktahuan, lantas Anda salah memilih daging giling yang tidak segar dan berkualitas buruk.

Agar tidak salah pilih, sebaiknya simak cara memilih daging giling yang segar dan berkualitas berikut ini :

1.    Perhatikan warna daging

Daging segar memiliki warna yang khas yakni : merah muda. Hindari memilh daging yang berwarna kecoklatan atau keabu-abuan, karena menunjukkan daging tidak segar atau basi. Tapi jika daging bagian luarnya merah, sementara dalamnya berwarna agak keputihan, maka Anda masih bisa menggunakannya asalkan masih belum kadaluarsa. Karena perubahan warna tersebut akibat paparan oksigen.

2.    Perhatikan aroma daging

Hindari memilih daging yang aromanya menyengat/busuk, karena daging segar memiliki aroma khas.

3.    Teksturnya

Perhatikan tekstur dagingnya, hindari membeli daging giling yang berlendir dan teraba licin, karena menunjukkan daging tidak segar dan penyimpanan kurang baik.

4.    Pilih daging yang terbungkus rapi

Agar kualitas daging giling terjaga, pastikan pilih daging yang terbungkus rapid an rapat. Hindari memilih daging giling yang kemasannya rusak karena berpotensi terppar bakteri yang membahayakan kesehatan.

5.    Perhatikan air pada kemasan

Daging yang tersimpan dengan baik tidak akan mengeluarkan cairan di kemasannya, sebaliknya jika penyimpanan kurang baik maka akan muncul cairan kemerahan atau kecoklatan pada kemasan.
Mudah banget khan? Semoga tips dan cara memilih daging giling yang segar dan berkualitas diatas dapat membantu pekerjaan Anda.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »