sss

Tips dan Cara Membuat Udang Tempura yang Renyah, Lurus dan Kriting

DapurOnlineku - Udang tempura termasuk satu alternative lauk yang bisa disajikan untuk keluarga, bekal si kecil maupun untuk pendamping lauk dalam nasi kotak. Meskipun terlihat sederhana, namun tidak semua orang bisa membuat Udang tempura yang krispy dan lurus ala-ala Restoran mahal. Padahal dengan menerapkan sedikit trik tertentu, tampilan udang tempura akan lebih renyah dan lurus menggoda. Hem, ingin tahu bagaimana cara membuat Udang tempura yang renyah, lurus, dan kriting? Simak langsung resep dan cara membuatnya berikut ini : Resep dan Cara Membuat Otak-Otak Goreng yang Enak dan Sehat
udang tempura/http://www.asianhotelhatyai.com

1.    Pilih udang yang segar

Untuk mendapatkan citarasa yang lezat, pilih udang yang fresh dan ukurannya seragam. Lebih bagus lagi jika Anda memilih udang windhu, karena ukurannya lebih besar. Resep dan Cara Membuat Kulit Risol Tanpa Telur yang Lentur dan Tidak Mudah Sobek

2.    Luruskan udang lebih dulu

Agar bentuk udang tempura bisa lurus dan tepung mudah menempel sempurna ke seluruh badan udang, Anda bisa meluruskan lebih dulu badan udang, caranya dengan mengerat bagian punggungnya dan sedikit memarkan.

3.    Siapkan bumbu pencelup

Setelah udnag lurus, Anda bisa menyiapkan bumbu pencelup yang pas, seperti : 100 gr tepung terigu protein sedang/rendah, tepung beras 25 gr/bisa juga tepung sagu, dan beberapa jenis bumbu lainnya.

4.    Gunakan air es pada adonan tepung pencelup

Agar adonan bisa renyah sempurna, And absia menggunakan air es saat membuat adonan pencelup. Bisa juga menambahkan air soda tawar yang dingin pada adonan.

5.    Gunakan minyak yang banyak

Agar tempura bis amatang sempurna, pastikan gunakan minyak yang banyak saat menggoreng tempura. Jangan lupa panaskan minyak lebih dulu baru masukkan udangnya agar bentuknya tidak rusak.

6.    lakukan ini agar lapisan tempura kriting

Agar lapisan tepung yang menempel pada tempura bisa kriting, Anda bisa mencipratkan tepung pencelup dalam minyak panas sehingga membentuk kremesak kecil. Celupkan udang kedalam adonan basah, kemudianmasukkan ke dalam minyak panas dan tangkap kremesan yang mengambang sehingga mau menempel erat pada tubuh udang. Lalu goreng hingga kuning keemasan dan kering.

Resep dan Cara Membuat Udang tempura enak dan renyah

Bahan adonan:

100 gram tepung terigu
25 gr tepung beras
1/2 sendok teh baking powder
1/4 sendok teh garam
1 buah kuning telur
200 ml air dingin

Cara membuat adonan:

1. Campurkan tepung beras dan tepung terigu, baking powder, dan garam hingga merata.
2. Kocok lepas kuning telur, lalu tambahkan air dingin. Bila perlu, tambahkan 2 buah es batu agar adonan tetap dingin
3. Campurkan telur ke dalam tepung, aduk-aduk hingga merata dan tidka menggumpal.
Cara menggoreng udang:
1.    Setelah dibersihkan, Anda bsia meluruskan udang dan menaburi tepung maizena
2.    Celupkan udang ke adonan basah hingga seluruh badangnya terlumuri, kecuali ekornya
3.    Goreng udang selama 2-3 menit sampai berwarna keemasan. Gunakan minyak panas dalam jumlah banyak ketika menggoreng udang.
4.    Agar kremesan tebal, Anda bisa mencipratkan adonan basah dengan jari pada minyak, baru kemudian masukkan udang dan tangkap kremesan agar menempel pada udang
5.    Angkat udang dan tiriskan minyaknya.
6.    Udang tempura renyang dan kriting siap disajikan.
Untuk membuat Udang tempura ala restoran bisa dibilang sangat mudah dan tidak ribet khan? Semoga informasi diatas dapat menginspirasi Anda semua dalam menciptakan aneka hidangan lezat buat keluarga tercinta. Selamat mencobaa!

Tags : resep tempura udang jepang, resep tempura udang hoka hoka bento, resep udang tempura tepung roti, resep tempura sayuran, resep tempura ikan, resep tempura udang sederhana, cara membuat saus udang tempura, resep tempura ayam
Loading...
loading...
Previous
Next Post »