Loading...
sss

Cara Mudah Membuat Fried Chicken yang Crispy dan Keriting

Siapa sich yang tidak suka ayam goreng tepung yang crispy? Hampir semua kalangan menyukainya, bahkan banyak yang ingin bisa membuat fried chicken yang crispy dan keriting. Saat ini banyak dijual tepung bumbu instan yang menjanjikan hasil fried chicken lebih keriting dan crispy. Sayangnya, masih belum banyak yang berhasil, karena kebanyakan hasilnya tidak crispy, cepat lembek, dan lain sebagainya. (Cara Kenali Makanan yang Mengandung Formalin dan Pewarna Tekstil)

Tidak perlu pusing, karena ternyata membuat fried chicken yang keriting dan crispy sangatlah mudah. Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini :

1.    Siapkan ayam yang segar dan berkualitas baik

Agar Fried Chicken buatan Anda bisa secantik restoran mahal, pemilihan bahan tentu harus diperhatikan. Pilihlah ayam yang segar dan gemuk, kemudian potong sesuai selera. Untuk fried chicken, Anda bisa memilih beberapa bagian ayam, seperti : paha, sayap, dada, bagian pantat. Jika Anda menginginkan potongan lebih besar, baiknya tusuk-tusuk ayam terlebih dahulu agar hadil gorengan bisa matang hingga ke tulang. (Tips Agar Bumbu Ayam Bakar Lebih Meresap)

2.    Rendam/marinade daging ayam selama satu malam

Agar rasa fried chicken lebih lezat hingga lapisan terdalam, lakukan perendaman/marinade selama satu malam. Untuk bumbu rendaman sich tergantung selera Anda. (Tips Memasak Ayam Kampung Lebih Cepat Empuk dan Nikmat)

3.    Rendam dalam Adonan Tepung basah

Setelah proses perendaman, Anda bisa meniriskan ayam. Buat adonan basah yang berisi bumbu dan tepung, yakni : tepung tapioka, tepung beras, lada, kaldu ayam, garlic powder, dan lain sebagainya tergantung selera. Proses perendaman bisa dilakukan selama 1-2 jam.

4.    Gulingkan pada tepung kering

Setelah direndam kedalam adonan basah, Anda bisa mengangkat daging ayam dan menggulingkan kedalam tepung kering berbumbu hingga terlihat keriting.

5.    Saatnya menggoreng

Panaskan minyak dalam panci atau deep friyer dan gunakan api sedang agar hasil gorengan bisa matang sempurna dan tidak gosong. Gunakan minyak dalam jumlah banyak agar ayam terendam sempurna. Setelah ayam digulingkan kedalam tepung kering, kibas-kibaskan lalu masukkan kedalam minyak panas. Sebisa mungkin, begitu ayam dibalut tepung kering, Anda langsung menggorengnya agar hasilnya lebih kriting dan crispy.

6.    Gunakan Penjepit makanan

Saat membalik ayam, jangan gunakan spatula karena dapat merusak tekstur keritingnya. Gunakan penjepit makanan, dan balik ayam hingga berwarna kuning kecoklatan.

7.    Tiriskan ayam

Setelah ayam digoreng hingga matang dan kering, Anda jangan langsung meletakkan pada piring saji. Tiriskan ayam terlebih dahulu hingga ayam tidak cepat lembek dan terjaga kerenyahannya lebih lama.

8.    Simpan fried chicken dalam suhu yang tepat

Agar ayam goreng bisa crispy lebih lama, simpan ayam didekat bola lampu yang berdaya 50 watt atau suhu ruang yang suhunya agak panas.

Setelah membaca step by step membuat fried chicken yang keriting dan crispy diatas, pastinya Anda akan lebih mudah menerapkannya bukan? Semoga bermanfaat untuk kita smeua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »
Loading...